KAMI Touring Ke Pantai Di Kawasan Sumber Celeng Malang Part 2 : Santai Seperti Di Pantai

Pantai Weden Ombo

Saat terbangun mata ini sebenarnya masih terasa berat tapi entah kenapa ketika mendengar suara deburan ombak bawa'annya tuh pengen segera bangun dan keluar dari tenda. Saat keluar ternyata aku bangunnya kesiangan hehehehehe. Kawan - kawan sudah pada berpencar untuk mencari spot yang bagus bahkan ada yang sudah nyemplung ke laut.

Tapi sayang sekali pagi ini laut sedang surut sehingga kami tidak bisa berenang dengan bebas karena banyaknya batu-batu karang yang lumayan cukup tajam. Sekilas pantai Kedung Celeng mirip dengan Pasir Putih Prigi Trenggalek karena meskipun memiliki pasir yang cukup lembut tetapi pada dasar pantainya terdapat banyak sekali batu karang. 

Puas menikmati keindahan pantai Kedung Celeng, kami (aku, bro Didik, bro Djainul & bro Darto) lalu melipir kesisi barat pantai dengan melewati sebuah jalan setapak yang cukup asri karena masuk ke dalam rimbunnya pepohonan hutan. Setelah sekitar 15 menit berjalan kami akhirnya sampai disebuah pantai yang bernama pantai Weden Ombo.

KAMI Touring Ke Pantai Di Kawasan Sumber Celeng Malang Part 1 : Berangkaaaat Gaesss . . . .

@Perbatasan Kab. Pasuruan - Kab. Malang

Setelah absen sekitar 1 tahun'an akhirnya bro Agung "Robot" ikut touring bersama KAMI lagi hehehehehe. Dan tujuan kali ini adalah Pantai Kedung Celeng yang berada di Donomulyo - Malang Selatan. Peserta touring : cak Pri + Istri, bro Agung "Robot" sekeluarga, bro Didik, bro Darto + soulmatenya yaitu bro Djainul, bro Farid + istri serta bro Pras + pacarnya. Kami semua kebetulan adalah rekan satu kerja sebuah perusahaan swasta di NIP kecuali bro Pras yang telah resign.

Kami semua berangkat dari Ngoro kecuali aku dan bro Didik yang harus berangkat dari Pandaan (pukul 17.20 WIB) dan langsung menuju ke Malang duluan untuk menyewa tenda. Sedangkan kawan-kawan lainnya janjian di Indomart Taman Dayu Pandaan tepat pada pukul 18.00 WIB. Tapi beberapa menit sebelum keberangkatan, cak Pri dan istrinya mengabarkan kalo tidak bisa ikut serta karena ada sanak saudaranya yang meninggal dunia.

Kami turut berduka cita bray. Akhirnya kami bersebelas memutuskan tetap berangkat. Aku dan bro Didik sampai di Malang tepat pada pukul 18.30 WIB dan langsung menuju ke Ciliwung Camp untuk menyewa tenda. Sedangkan kawan-kawan lainnya molor sekitar 1 jam dan baru berangkat menuju ke Malang tepat pada pukul 20.00 WIB. Wah kalo itu sih molor 2 jam bray hehehhehehe.

Bakso - Bakso Di Pandaan Yang Cukup Menggugah Selera

@Bakso Arkasa  

Bakso adalah makanan murah meriah yang uenak bingit dan sering kita makan sehari-hari. Hampir disetiap sudut kota/daerah banyak sekali terdapat lapak penjual bakso. Ada banyak pilihan tempat untuk membeli bakso mulai dari yang pake rombong (bakso keliling), bakso kaki lima sampai dengan bakso yang dijual dibangunan permanen gitu. 

Meskipun tidak identik dengan daerah penghasil bakso tapi di Pandaan banyak sekali terdapat warung-warung penjual bakso yang luekoh bingit. Dan berikut ini beberapa daftar warung bakso yang rasanya cukup maknyus tapi dengan harga yang bisa dibilang murah :


1. Bakso Kota “Cak Man”
Kalo bakso ini anda pasti sudah tahu karena nama "Cak Man" cukup terkenal dikalangan para pecinta bakso. Bakso ini berasal dari Malang dan yang di Food Terrace Taman Dayu ini adalah salah satu franchisenya. Disini kita bisa memilih isi bakso sesuai dengan selera masing-masing seperti usus, limpa, ati, bakso kasar, bakso halus, goreng, siomay, mie kuning dll. Harga satu porsi sekitar 10 ribu - 15 ribu atau tergantung apa saja isi bakso kita. Bakso ini buka dari pagi s/d pukul 21.00 WIB. Koordinat lokasi : -7.668236, 112.698472.

My Traveling, My Touring, My Song



Music Is My Soul !!. Tanpa musik jiwa ini selalu sepi dan oleh sebab itu hampir setiap kali berpergian baik itu touring atau traveling aku selalu membawa sebuah pemutar musik. Dulu aku selalu mendengarkan musik dengan menggunakan hape atau smartphone gitu tapi yang jadi kendala adalah tentu saja baterei HP menjadi cepat habis hehehehhehe. 

Dan jika baterei HP tiba-tiba habis ditengah perjalanan tentu saja "Siaga 1" bray karena kita akan plonga-plongo hehhehehe. Tapi problem akhirnya SOLVED !! setelah aku beli Ipod Shufle yang batereinya bisa tahan sampai dengan 2 hari. Bentuknya kecil dan simple sehingga bisa ditaruh dimana saja dan bahkan bisa diklip on ke baju atau jaket. 

Tapi ingat ?? jika sedang riding ada baiknya kita tidak mendengarkan musik karena bisa mengganggu konsentrasi bray apalagi jika volumenya terlalu keras. Selain itu terlalu lama memakai headset juga tidak baik bagi kesehatan apalagi kita memakai headset sambil menggunakan helm. Kalo pengen yang nyaman dan sedikit tidak beribet pake saja yang bluetoth seperti : V1098 Bluetooth Intercom. Dan berikut ini daftar MP3 yang wajib ada didalam list Ipod  :

Bakso "Arkasa" Gunung Gangsir : Unik Dan Uenaaak



Bakso...Bakso  dan Bakso hehhehehehehe. Memang kalo membicarakan kuliner yang konon berasal dari daratan Cina ini tidak ada habisnya karena bakso adalah kuliner yang murah meriah dan sering kita konsumsi dalam kehidupan sehari-hari. Hampir disetiap kota dapat dengan mudah kita temui makanan yang satu ini.

Jika anda kebetulan sedang berada di Gempol atau tepatnya di Beji maka sempatkanlah mampir ke warung bakso "Arkasa' ini. Lokasinya berada di Gunung Gangsir Beji - Pasuruan. Kalo dari Apollo berjarak sekitar 5 Km sedangkan kalo dari Nusa Dua Gempol (pintu tol Gempol - Pandaan) berjarak sekitar 6 Km.

Pilihan menu/paket Bakso Arkasa ini cukup unik karena berdasarkan dengan harga yaitu : 5000, 7500, 10.000 & 15.000. Selain itu bola-bola baksonya juga unik bray karena bukan bundar/bulat seperti bakso kebanyakan melainkan berbentuk lonjong memanjang.

Sebentar Lagi Musim Hujan ? Barang Apa Saja Yang Harus Disiapkan Sebelum Touring



Bagi kalangan Bikers dan Petouring antara bulan Desember s/d Februari adalah bulan yang tidak bersahabat karena biasanya identik dengan musim hujan. Hampir disetiap daerah pasti akan turun hujan baik itu dengan intensitas rendah, sedang maupun tinggi. Tapi masa hanya karena gara-gara hujan kita harus membatalkan semua plan touring kita ??? Apa kata dunia bray ? Bikers kok takut hujan hehehhehehe.

Gass poll tok pokok'e wes bray. Tapi supaya perjalanan touring kita bisa berjalan dengan lancar tanpa ada halangan yang berarti maka kita harus menyiapkan segala sesuatunya dengan baik. Dan berikut ini adalah daftar barang-barang apa saja yang harus kita bawa/siapkan ketika riding dalam kondisi hujan :

1. Jas Hujan
Dipasaran ada banyak sekali model jas hujan dengan beraneka warna, merek dan harga. Karena  kebetulan pake motor laki jadi kalo touring aku selalu bawa jas hujan yang model terpisah (yang bukan model ponco) sedangkan kalo buat gawe atau sehari-hari aku bawa yang model ponco hehhehehehe. Sebenarnya gak safety sih karena bagian jas bisa tersangkut di roda atau rantai motor ketika riding.

Kompor Parafin, Kompor Trangia & Kompor Gas Portable

Peralatan masak KAMI

Dulu hampir setiap pergi touring plus kemping aku dan bolo kurowo selalu membawa kompor parafin dan kompor trangia (semua buatan sendiri). Kompor parafinnya aku buat dengan memanfaatkan barang-barang yang tidak terpakai dipabrik (kap lampu dan cover kipas pendingin) sedangkan kompor trangia-nya dibuat oleh bro Didik dengan mesin bubutnya sehingga hasilnya terlihat lebih bagus karena memang bahannya juga bagus sih hehehhehehe.

Sebenarnya aku punya kompor parafin (asli) dan harganya dipasaran juga cukup murah tapi jarang aku pake sebab kalo memasak dengan menggunakan panci/gelas kecil (kapan-kapan mau beli nesting hehehhehe) itu rawan tumpah, apalagi kalo anginnya pas kuenceng buingit sebab posisi bawah panci dan kompor menempelnya hanya sedikit saja kecuali kalo kita pake panci atau gelas yang lebar dan besar.

Kalo untuk kompor trangia-nya hampir tidak ada masalah pada posisi panci/gelas tetapi menurutku masih boros bbm (spirtus) karena kompor bikinan bro Didik tidak menggunakan sumbu (maklum masih dalam tahap uji coba bray dan rencana ke depannya akan diberi sumbu). Oleh sebab itu setiap kali memasak kami selalu mengandalkan kompor parafin. Satu pak bahan bakar padat parafin (isi 8 tablet) dihargai Rp. 25.000,-.

Nge-Joss Di Angkringan Jogja Ala Food Truck "Pandaan" (Sudah Tutup)

Angkringan Jogja ala Food Truck (courtessy : Regina W)

Tri Mas kenthir Is Back hehehehhehehe tapi kali ini kita bukan pas lagi touring melainkan sedang membesuk salah satu wong kenthir lainnya yaitu Bro Edy Malang yang mengalami sebuah kecelakaan tunggal sehingga menyebabkan kaki kirinya patah. Gws sam Edy......mugo-muga peean ndang waras ben iso keluyuran maning hehehehehhe. Trus apa hubungannya dengan Angkringan Jogja ya ????.

Jadi begini ceritanya bray.......setelah membesuk bro Edy Malang di Ke...Japanan - Gempol,  kami (aku, bro Didik & bro Manowar) kemudian melanjutkan dengan agenda ngopar alias ngopi rame-rame. Maklum saja sudah lama bingit kami tidak ngumpul lagi. Karena binun pengen ngopi dimana akhirnya bro Manowar mengajak kami ngopi ke Pandaan saja.

Oyi wes...berangkat dan setelah menempuh perjalanan sekitar 20 menit'an kami akhirnya sampai disebuah warung kopi remang-remang yang berada pas dipojokan perempatan Taman Dayu (depan pintu Tol Pandaan). Begitu lihat menunya kok khas angkringan jogja ya ? tapi aku tidak melihat anglo yang merupakan ciri khas sebuah angkringan. Koordinat lokasi : -7.665182, 112.699337.

15 Tempat Wisata Di Kab. Pasuruan Yang Wajib Di Kunjungi

Seperti negeri di atas awan

Pasuruan adalah tempat lahir beta yang termasuk ke dalam wilayah Propinsi Jawa Timur. Lokasinya sangat strategis karena berada diantara jalur Surabaya - Malang serta jalur Surabaya - Banyuwangi. Kabupaten Pasuruan mempunyai luas wilayah sekitar 1474 Km2 yang terdiri dari 24 Kecamatan, 24 Kelurahan, 341 Desa serta 1694 Perdukuhan. Kabupaten Pasuruan memiliki salah satu sentra industri yang cukup berpengaruh di Jawa Timur dengan nama PIER (Pasuruan Industrial Estate Rembang).

Keadaan Geografi wilayah di Kabupaten Pasuruan didominasi oleh pegunungan dan dataran rendah serta memiliki iklim tropis dengan curah hujan rata-rata 1500-2500mm. Karena kondisi tersebut sehingga tempat wisata di wilayah Kabupaten Pasuruan kebanyakan terletak didataran tinggi. Dan berikut ini tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika jalan-jalan ke Kabupaten Pasuruan :


1. Taman Safari 2 Prigen
Taman Safari 2 berada dilereng Gunung Arjuno atau tepatnya di Desa Jatiarjo, Kec. Prigen, Kab. Pasuruan dengan luas area sekitar 350 ha. TSI 2 merupakan salah satu Taman Safari yang terluas di Asia. Untuk menuju ke TSI 2 anda harus menuju ke arah Pandaan dulu lalu lanjut menuju ke Sukorejo. Di Sukorejo ada akan ketemu dengan sebuah gapura besar yang berbentuk Gading Gajah. Selanjutnya anda tinggal ikuti petunjuk arahnya saja dengan sekitar 15 Km. Koordinat lokasi : 7.759140, 112.667037.

Jasa Krom Di Bangil "AB"



Sebuah motor pasti tidak akan terlepas dari part-part yang menggunakan krom baik itu yang berbahan dasar besi, besi cor, aluminium maupun plastik. Selain bisa melindungi part-part motor kita, krom juga bisa memperindah tampilan kuda besi kita menjedi lebih garang. Tapi yang aku bahas disini adalah tempat krom khusus untuk bahan yang berbahan dasar besi, besi cor maupun aluminium.

Kebetulan disekitar Pandaan ada jasa pelayanan krom bagus yang berada di Bangil tepatnya didaerah Kersikan Bangil. Kalo dari alon-alon Bangil berada disisi kanan jalan sekitar 1 Km ke arah Kalianyar. AB Krom sudah lama menjadi tempat langganan aku, kakakku dan kawan-kawan aku. 

Kualitas hasil kromnya sangat bagus karena cukup mengkilap, lapisan cromnya tebal dan lebih tahan lama. Supaya lebih murah kalo pengen nge-krom disini mending langsung sak-blek saja bray alias langsung banyakan jangan sedikit-sedikit sebab kalo ditotal jatuhnya akan lebih mahal. Biasanya saat krom akan selesai dalam waktu sekitar 4-6 hari.

Tips Bikepacker'an Murah Meriah Ke Jogja

@Tugu Jogja

Hampir semua orang pasti sudah pernah ke berkunjung Jogja terutama buat yang berdomisili di Pulau Jawa dan Bali. Jogjakarta memang menawarkan pesona budaya yang khas serta kearifan lokal masyarakatnya. Lokasi Kota Jogja yang sangat strategis karena berada ditengah-tengah pulau Jawa menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi favorit para bikers. 

Ada banyak beragam objek wisata yang bisa kita kunjungi selama di Jogja seperti : wisata pegunungan, wisata keraton, wisata pantai, wisata candi, wisata religi, wisata sejarah dan tentu saja wisata kulinernya. Jogja memang sangat bersahabat buat dijadikan tempat destinasi terutama buat backpacker, touring atau bahkan keduanya (bikepacker). Dan berikut ini beberapa tips melakukan perjalanan ke Jogja dengan menggunakan R2 alias Touring : 

Tips Bikepacker'an Murah Meriah Ke Lombok

Tugu Giri Menang Town Square : Landmark Lombok Barat

Sebelumnya saya pernah menulis tentang Tips Bikepacker'an ke Bali berdasarkan pengalaman kami ketika beberapa kali mengunjungi pulau nan eksotik ini baik solo touring atau bersama kawan-kawan lainnya. Dan berikut ini giliran menulis tentang tips dan trik melakukan bikepacker ke tetangga Pulau Bali yaitu Pulau 1000 Masjid alias Lombok.

Selain Bali Lombok merupakan salah satu pulau favorit para traveler, backpacker maupun bickpacker ketika mereka berkunjung ke wilayah Timur Indonesia. Untuk urusan tetek bengek Lombok memang tidak serumit ketika kita berkunjung ke Bali tapi bagaimanapun juga kita harus mengetahui beberapa hal supaya bisa merasakan kearifan lokal masyarakatnya. Dan berikut ini beberapa tipsnya :


1. Pastikan Surat & Kelengkapan Kendaraan Anda Lengkap
Sebenarnya untuk masuk ke Pulau Lombok memang tidak seketat ketika kita akan menuju ke Pulau Bali. Tapi berhubung sebelum masuk ke Lombok kita harus memasuki Pulau Bali terlebih dahulu maka kita harus memastikan membawa surat-surat kendaraan yang lengkap seperti : SIM, Pajak Kendaraan dan STNK serta yang masih berlaku.

Menikmati Pedasnya Sambal Korek Bebek Goreng H. Slamet Di Malang



Sebenarnya aku sering banget maen ke Malang tapi kalo untuk mampir ke Bebek Goreng H. Slamet masih belum pernah hehehehhehe. Kebetulan pada hari minggu kemaren aku diajak oleh keluarga jalan-jalan ke Malang dan sebelum pulang kami mampir dulu ke RM. Bebek Goreng H. Slamet ini.

Bebek Goreng H. Slamet berada di Jln. Welirang No. 41 Malang (sekitar 400 meter dari MOG). Di Malang sendiri Bebek Goreng H. Slamet mempunyai beberapa cabang diantaranya di Jln. Ciliwung No. 46 dan di Jln. Soekarno Hatta No. D-407. Selain di Malang RM ini juga buka cabang dikota lain seperti : Batu, Sidoarjo, Wonosobo dll.

Journey KAMI To Pangi Beach Part. 4 (Tamat) : Mencoba Jalur Wlingi - NgantangTrus Pulang Via Pacet

@Tanjakan sendi - Pacet

Hampir sekitar 1,5 jam kami  berada dirumah istri bro Sucipto dan tepat pada pukul 13.15 WIB kami kemudian segera berpamitan kepada bro Sucipto untuk segera balik pulang ke Pandaan & Mojosari. Atas sarannya kami kemudian mencoba melewati jalur alternatif Wlingi - Ngantang - Batu. Menurutnya jalur itu jauh lebih cepat daripada kalo harus lewat Malang terlebih dahulu.

Dari Talun (rumah istri bro Cipto) kami kemudian menuju ke Wlingi dulu dan mencari petunjuk arah ke Batu. Setelah ketemu kami tinggal mengikuti jalan utama saja. Disepanjang perjalanan kami disuguhi pemandangan alam yang indah bingit. Tampak sebuah sungai besar dengan air yang cukup jernih berada disisi kanan jalan. Coba kalo saja debit airnya banyak pasti cocok tuh buat arum jeram.

Journey KAMI To Pangi Beach Part. 3 : Menyambangi Gua Umbultuk Di Blitar Selatan



Setelah puas menikmati keindahan Pantai Pangi kami lalu segera bersiap-siap untuk menuju ke destinasi lainnya yaitu Gua Umbultuk. Tepat pada pukul 08.00 WIB kami lalu bergegas menuju kesana. Kalo dari Pangi, Gua Umbultuk hanya berjarak sekitar 10 km.

Kami harus menuju kembali ke Desa Tumpak Kepuh dulu dan begitu sampai disana lalu mencari arah yang menuju ke arah gua. Gua Umbultuk ini ternyata memiliki sejarah kelam Indonesia dalam penumpasan G30SPKI. Operasi penumpasan ini dinamakan Operasi Trisula.

Konon gua yang yang memiliki panjang sekitar 2 meter ini pernah digunakan sebagai tempat persembunyian anggota PKI selama masa pelarian. Lokasinya memang jauh dan tersembunyi dari perkampungan penduduk. Menurut salah satu guide gua ini bisa menampung sekitar 200 orang.

Journey KAMI To Pangi Beach Blitar Part. 2 : Pantai Pangi Nan Eksotik

Two Wheels On The Sand

Selamat Pagi Indonesia
Subhanallah suasana pagi ini begitu indah sekali dan pas banget ketika bangun ada secangkir kopi yang sudah terhidang diatas pasir pasir. Owalah ternyata bro Pasek, bro Hariyanto & bro (mbah) Darmo sudah bangun duluan to ? pantesan kok sudah ada bau kopi hehehhehehe.

Pantai Pangi berada diwilayah Dusun Krajan, Desa Tumpak Kepuh, Kec. Bakung, Kab. Blitar Prop. Jawa Timur. Pantai ini searah dengan Pantai Tambak Rejo dan Pantai Gondo Mayit. Kalo dari kota Blitar hanya berjarak sekitar 40 Km saja sedangkan kalo dari Pantai Tambak Rejo berjarak sekitar 16 Km.

Pengen Mencari Aksesoris Touring ?? Datang Saja Kesini

My Ride My Adventure

Dulu mencari aksesoris biker dan touring cukup susah tapi seiring banyaknya tayangan/liputan didumay tentang penjelajahan yang menggunakan roda 2, sekarang hampir disetiap kota besar sudah ada yang jual. Bahkan kita bisa membeli barang-barang tersebut sambil menyruput secangkir kopi...mantap...... hehehehhe.

Untuk brand Respiro dan Eiger memang tidak saya cantumkan karena kedua merek tersebut banyak memiliki outlet yang tersebar hampir disetiap kota besar di Indonesia. Dan berikut ini beberapa list bengkel atau toko aksesoris bikers serta touring yang aku ambil dari berbagai sumber. Ok.....cekidot bray...semoga bisa bermanfaat :

Tips Mengepak Barang Ketika Akan Melakukan Touring Sekaligus Berkemping



Buat kami touring dan kemping adalah hal yang tidak bisa terpisahkan. Hampir setiap melakukan touring kami hampir selalu membawa tenda, matras, nesting, peralatan masak dan beberapa perlengkapan lainnya. Tentu saja kendala awal adalah keterbatasan tempat untuk membawa barang-barang tersebut. Kalo pas terkendala keterbatasan tempat kami biasanya langsung menyewa tenda ditempat tujuan seperti ketika melakukan "Bali Lombok Heritage Journey" kemaren.

Oleh karena itu diperlukan manajemen mengepak yang baik supaya memudahkan kita ketika akan mengambil dan menaruhnya kembali barang. Selain itu packing yang sip bisa meminimalisasi resiko barang-barang kita yang tertinggal, hilang atau ketlesot. Dan berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika kita akan melakukan touring plus-plus alias touring plus kemping :

1. Bawa barang yang multi fungsi
Kendala keterbatasan tempat penyimpanan memang harus memaksa kita untuk memperketat barang-barang apa saja yang harus dibawa. Supaya lebih efektif dan efisien bawalah barang-barang multifungsi dan yang tidak memakan space yang banyak misalnya : membawa jas hujan karena jas hujan tersebut bisa berfungsi sebagai bantal, alas tidur atau bahkan selimut.

Journey KAMI To Pangi Beach Blitar Part. 1 : Berangkaaaaaat . . . . .



Sebenarnya plan touring plus kemping ke Blitar adalah rencana dadakan. Pada awalnya kami akan menghadiri sebuah acara pernikahan atau istilah kerennya "Bowoh" ke rekan kerja KAMI di pabrik. Bro Sucipto kebetulan berasal dan Wlingi dan berjodoh dengan gadis dari daerah Talun yang hanya berjarak sekitar 15 km saja.

Waktu dan tanggal kemudian kami sepakati yaitu : berangkat pada hari Sabtu, 26 September 2015 pukul 18.00 WIB selepas shift 2 pulang kerja. Personil yang memastikan diri untuk berangkat sekitar 4 orang. Tapi sehari sebelum keberangkatan ada tambahan 5 orang lagi sehingga total yang berangkat adalah 9 orang dengan 6 buah motor.

Dirombongan ini ada newbie yaitu : bro (Mbah) Darmo & bro Daniel (Pakde). Sedangkan peserta lainnya : bro Pasek, bro Hari, bro Jainul, bro Darto, cak Pri dan istrinya. Seperti biasa yang berkelamin wanita cuma satu orang yaitu istri Cak Pri hehehhehehe.

Perjalanan ke Blitar adalah perjalananku untuk yang kesekian kalinya karena ebesku kebetulan berasal dari sana. Tapi lucunya aku malah belum pernah touring ke pantai-pantainya. Bahkan berziarah ke Makam Bung Karno saja baru sekali, itupun saat aku masih kecil dulu hehehehheehe. 

Si Merah Maroon : Temen Satu Jiwa Dalam Setiap Perjalanan

Sebelum Pelabuhan Kayangan - Lombok (Des 2013)

Si Merah Maroon adalah julukan buat kuda besiku yang telah setia menemani aku melakukan blusukan ke setiap sudut Nusantara. Si Merah Maroon adalah motor kedua aku sedangkan motor pertamaku adalah Si Biru alias Honda Kharisma 125 CC keluaran tahun 2005 yang aku beli pada tanggal 12 Maret 2005 dari gaji pertamaku sebagai karyawan sebuah PMA di Mojosari.

Tapi baru pada tahun 2006 atau tepatnya tanggal 13 Agustus 2006 aku melakukan perjalanan touring pertamaku ke Bali. Kebetulan di Bali ada kakak kedua aku yang yang bekerja dan tinggal di sana tepatnya di Mengwi - Tabanan. Perjalanan kedua aku bersama Si Biru aku lakukan pada tanggal 03 Juni 2007 juga ke Bali tapi kali ini bersama bro Agung "Foo". 

Lalu perjalanan ketiga : ketika touring ke Gunung Kelud Kediri bersama bro Djarot dan bro Teguh Pete tepat pada tgl 17 Mei 2015. Sedangkan perjalanan terakhir (25 Februari 2010) bersama Si Biru ketika touring ke Kediri bersama bro Samsual dan bro Yongki yang merupakan temen kerja di pabrik kedua buatku (PT. KAMI).

Pengen Belanja Oleh-Oleh Murah Di Malang ? Datang Saja Ke Toko Avia

Toko Avia Malang

Bingung mencari oleh-oleh ketika sedang berkunjung ke Malang ? Jangan kuatir ? datang saja ke Toko Avia yang berada di Jln. Jaksa Agung Soeprapto No. 1B atau pas didepan PLN Kota Malang. Kalo dari RSUD Sjaiful Anwar hanya berjarak sekitar 500 meter saja. Pada awalnya toko ini adalah toko kelontong lalu berkembang menjadi sebuah swalayan. 

Toko ini cukup mudah dikenali karena bangunannya merupakan peninggalan jaman Belanda dan berada pas didekat pojokan jalan. Bagian interiornya cukup unik karena ada beberapa deretan rak yang berbentuk oval mengikuti bentuk bangunan dan menurun.

Sebenarnya toko ini bukan pusat oleh-oleh tapi aneka jajanan yang dijual disini cukup lengkap diantaranya : keripik tempe, keripik buah-buahan, jus apel, dodol apel, pia mangkok, kopi luwak amstirdam serta aneka jajanan jadul seperti : ting-ting jahe.

Cara Melakukan Pemesanan/Pembelian Tiket KA Di Stasiun Malang

Stasiun Malang Kota

Kereta Api adalah salah satu alat transportasi massal yang sering digunakan oleh masyarakat Indonesia sehari-hari terutama ketika mudik pada musim lebaran dan akhir tahun. Selain murah naik kereta api juga disinyalir lebih aman dan nyaman bagi para penumpang. 

Tidak seperti pada pesawat terbang, pemesanan tiket bisa langsung dilakukan distasiun terdekat. Tapi ada beberapa hal yang perlu kita ketahui jika ingin membeli tiket langsung dari stasiun. Dan berikut ini alur Pemesanan Tiket via Stasiun :

Meet & Greet With Jeffry Polnaja @Malang : Welcome Back Home Kang JJ

Peace men

Sebagai seorang bikers maupun moto traveler mungkin kita sudah tidak asing dengan tayangan "Long Way Round" & Ring Of Fire Adventure di tipi. Atau mungkin kita mengikuti via dunia maya tentang : One Horizon (Riza Amrulah NR), Wheel Story Adventure (Mario Iroth), Recon (Agni NR) dll. Mereka semua adalah para penjelajah dengan menggunakan kendaraan roda 2.

Dan baru saja Indonesia kedatangan seorang biker yang telah melakukan solo riding menjelajahi 97 negara dengan total jarak : 420.000 Km dalam tajuk "Ride For Peace" (RFP). Namanya : Kang Jeffry Polnaja (53) atau yang lebih kita kenal dengan nama panggilan Kang JJ. Alasan utama Kang JJ melakukan perjalanan ini cukup simple : karena muak melihat Indonesia dituduh sebagai negara teroris. Dan perjalanan ini diharapkan bisa membuktikan bahwa apa yang mereka bilang itu salah besar.

Kang JJ memulai perjalanannya dari Jakarta pada tanggal 23 April 2006 dengan diantar sekitar 1000 bikers dari seluruh Indonesia. Perjalanan "Ride For Peace" tersebut dibagi menjadi 2 jilid : RFP I (2006-2008) dan RFP II (2012-2015). Pada masing-masing periode tersebut Kang Jeje membutuhkan waktu setidaknya 2 tahun. Jadi total waktu keseluruhan perjalanan RFP Kang JJ ini adalah 5 tahun atau 2163 hari dengan rincian : 951 hari (RFP jilid I) dan 1212 hari (RFP jilid II). Untuk rute lengkap perjalanan bisa lihat disini.

Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Bali & Lombok)



Kuliner Bali adalah makanan yang paling sering aku cicipin karena hampir 2x dalam setahun aku melipir kesana. Pertama kali aku riding kesana pada sekitar Juni 2006 pas bebarengan dengan tragedi Lumpur Lapindo. Saat itu kuliner Bali yang aku kenal hanyalah nasi jinggo saja hehehhehehe.

Tapi karena keseringan kesana lama-kelamaan pengetahuanku tentang Kuliner di Bali semakin bertambah. Ini juga tidak lepas dari kakak keduaku yang sering mengajak berwisata kuliner terutama makanan yang halal. Selain itu kakakku kebetulan beristri orang bali asli jadi ketika menginap dirumahnya kadang-kadang aku dibuatkan masakan Bali seperti : jukut ares, lawar ayam yang halal, sate lilit serta sambal matah.

Berikut ini beberapa makanan halal yang ada di Bali baik itu kuliner asli Bali, kuliner dari luar negeri maupun kuliner yang berasal dari daerah lain di Indonesia yang tentunya halal dan enak-enak. Untuk kuliner Bali sebagian sudah pernah aku tulis disini.

Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Bandung)



Bandung adalah salah satu surga kuliner di Indonesia. Banyak aneka makanan dan minuman yang cukup menggugah selera bisa kita dapatkan di kota yang berhawa cukup sejuk ini. Beberapa kuliner Bandung bahkan banyak yang terkenal dibeberapa kota lain di Indonesia seperti : Cilok, Cimol, Roti Bakar, Batagor, Siomay, Es Oyen, Es Cincau dll. 

Rugi banget kalo kita berkunjung ke Bandung tapi tidak mencicipi keanekaragaman kuliner khas Bandung yang luekoh abies. Beruntung banget kami (aku dan bro Manowar) karena saat itu ditemani seorang giude yang tau banget tentang kuliner Bandurng. Namanya : Bang Baim. Pantes saja dia tau banyak tentang kuliner disini karena dia adalah salah satu koordinator komunitas FB : Komunitas Kuliner Bandung. Dan berikut ini beberapa kuliner yang aku cicipin :

1. Kupat Tahu
Kupat tahu sekilas mirip dengan tahu lontong kalo di Jawa Timur sana. Tapi yang membedakan adalah pada cara mengolah tahu serta bumbu kacangnya yang agak pedas. Kupat Tahu memiliki komposisi : kupat/lontong, tahu, tauge, kerupuk dan bumbu kacang yang kental. Kupat Tahu yang paling legendaris di Bandung adalah Kupat Tahu Gempol yang berlokasi di Pasar Gempol atau tepatnya Jln. Gempol Kulon No. 53 Bandung (koordinat : -6.903016220, 107.615558).

Menikmati Kelezatan Bakso Mama Di Kediri

Bakso Mama I Bandar Kidul

Setiap berkunjung ke Kediri baik itu bersama keluarga atau pas solo touring aku selalu menyempatkan diri mampir ke warung bakso ini. Menurut pengamatan saya ada 2 tempat Warung Bakso Mama Cab. Jombang di Kediri yaitu di Bandar Kidul Kota kediri (kira-kira 1 km sesudah RS Gambiran kalo dari arah Sekartaji atau pas didepan Bandar Kudil Gg. I) dan di Jln. Erlangga Kediri (sekitar 1,5 km sebelum SLG kalo dari arah Kota).

Kalo aku sendiri lebih sering melipir ke Bakso Mama I yang berada di Bandar Kidul. Entah kenapa aku selalu mupeng dengan kelezatan bakso ini. Satu porsi bakso mama terdiri dari satu pentol/bola bakso ukuran sedang serta 2 buah goreng (siomay goreng). Selain itu kita juga bisa memilih sendiri isi bakso sesuai dengan selera yang diinginkan.

Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Jogja & Jawa Tengah)

Setelah merasakan kelezatan kuliner khas Jawa Timur sekarang kita bergeser ke sisi tengah Pulau Jawa yaitu tepatnya : Yogjakarta, Solo, Dieng, Wonosobo, Ungaran serta Semarang. Tidak seperti masakan di Jawa Timur yang terkenal akan kepedasannya maka masakan atau kuliner khas Jogja serta Jawa Tengah justru memiliki rasa yang lebih manis. Dan berikut ini listnya : 

  • Yogyakarta
1. Kopi Joss
Bukan ke Jogja namanya kalo kita tidak mencicipi kopi joss ini. Kopi Joss adalah kopi yang diberi bara arang yang panas membara. Kata joss berasal dari bunyi saat bara arang masuk ke dalam secangkir kopi. Kopi joss yang paling terkenal adalah di Angkringan Lek Man. Lokasinya berada disisi utara Stasiun Tugu.

Kopi joss paling mantap dinikmati ketika sore hari dengan ditemani sego kucing, gorengan dan aneka macam olahan sate. Kalo di Solo dinamakan HIK (Hidangan Istimewa Kampung) sedangkan di Nganjuk dikenal dengan nama Wedangan. Untuk lebih jelasnya baca saja disini.

Josss tenan

Burger Buto Malang ???? Wow Siapa Takut



Dalam bahasa Jawa "BUTO" adalah perwujudan seorang raksasa tinggi besar serta mengerikan dengan kulit berwarna hijau dan biasanya memiliki taring tajam. Konon Buto itu memakan manusia terutama anak kecil dan perempuan seperti yang dikisahkan dalan urban legend "Timun Mas".

Tapi untuk yang satu ini anda tidak perlu takut dan kuatir karena Buto ini sangat bersahabat dan rasanya muantap bingit bray. Anda dijamin langsung kenyang ? namanya Burger "Buto". Entah kenapa kok dinamakan "Buto" ?? apa karena porsinya yang besar seperti seorang Buto kalee ya ??.

Untuk bisa merasakan kelezatannya anda bisa datang langsung ke Kedai 27 yang berada di Jln. Sarangan No. 27 Malang Jawa Timur. Lokasinya pas dipojok'an jalan atau didepan Indomart. Kalo dari Hotel Sativa sekitar 500 meter ke arah TPU Sama'an. Menu andalannya tentu saja aneka olahan burger seperti : burger buto, buto ijo, buto keceng dan buto long. 

Tips Bikepacker'an Murah Meriah Ke Bali

Keluyuran Bertiga @GWK

Pulau Bali merupakan salah satu destinasi favorit para bikepacker, backpacker maupun traveler baik dari Indonesia sendiri maupun mancanegara. Banyak ragam tempat wisata yang bisa kita kunjungi di Pulau Dewata ini antara lain : pantai, gunung, air terjun, wisata bawah air, culture park, taman safari, danau, wisata religi, wisata buatan, wisata kuliner dll.

Mayoritas penduduk Bali adalah beragama Hindu sehingga ada beberapa informasi yang harus kita ketahui sebelum kita berkunjung ke pulau nan eksotik ini supaya kita bisa merasakan kearifan lokal masyarakatnya tanpa melanggar aturan adatnya. Dan berikut ini beberapa tip bagaimana melakukan bikepacker'an ke Pulau Bali yang kami rangkum berdasarkan pengalaman keluyuranbertiga.com :



1. Pastikan Surat & Kelengkapan Kendaraan Anda Lengkap
Untuk menuju ke pulau Bali kita harus menyeberangi selat Bali atau selat Lombok terlebih dahulu (kalo dari arah Timur). Pada setiap pintu masuk dan pintu keluar Bali terutama di area Pelabuhan akan dilakukan pengecekan kelengkapan kendaraan beserta surat-suratnya oleh pihak Kepolisian. Bahkan dalam perjalanan sering diadakan razia Polisi.

Buat yang motornya tidak standart sebaiknya jangan memaksakan untuk masuk Bali sebab aturannya lumayan cukup ketat. Sebelum berangkat pastikan lagi kalo anda menggunakan spion lengkap, memakai helm SNI, menggunakan knalpot standart serta lampu depan harus nyala. Jangan lupa juga periksa kelengkapan surat-suratnya seperti SIM, PKB, STNK apakah masih berlaku atau tidak.

Gak Mau Ribet Saat Touring ?? Bawa Aja Respiro Toolspack

Respiro Toolspack "M"

Ada kalanya ketika touring kita menghadapi beberapa kendala atau rintangan selama perjalanan terutama kerusakan pada kendaraaan. Kalo kita riding pada siang hari dan jalan yang dilewati adalah jalan utama sih tidak masalah ??. Tapi bagaimana jika kita sedang melakukan Solo Touring pada malam hari dan jalur yang kita lewati bukanlah jalan utama melainkan jalan alternatif gitu ??.

Tentu saja hal tersebut akan menjadi masalah besar buat kita. Diharapkan saat mengalami kerusakan terutama kerusakan ringan kita bisa memperbaikinya sendiri. Tapi kita tidak akan bisa bekerja secara maksimal jika peralatan yang kita bawa terbatas atau hanya mengandalkan kunci bawaan motor saja. Dan jikalo pun kita membawa peralatan lengkap tapi seumpama media penyimpanannya tidak mendukung maka otomatis akan menghambat kerja kita.

Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Jawa Timur Bag. II)

Setelah merasakan kelezatan kuliner di wilayah Kediri, Blitar dan Malang sekarang aku akan menulis tentang kuliner yang berada di daerah Sidoarjo, Pandaan dan sekitarnya. Tapi tidak semua kuliner yang ada didaerah tersebut aku tulis. Melainkan hanya beberapa saja yakni yang menjadi ciri khas atau yang kebetulan pernah aku icip-icip saja. Dan berikut ini corat-coretku :

  • Sidoarjo
1. Lontong Kupang "Pak Samat"
Lontong kupang memang berasal dari Sidoarjo sehingga tidak terlalu sulit untuk mencari dimana lokasi lontong kupang berada. Karena hampir disetiap sudut kota Sidoarjo pasti ada warung yang berjualan kulier berbahan dasar kerang-kerang kecil ini.

Tapi menurut saya warung yang cukup enak dan murah adalah Lontong Kupang "Pak Samat" di Candi Sidoarjo. Lokasinya berada ditepi jalan raya gitu, jadi kalo dari arah Malang kira-kira 500 meter sesudah kampus UMSIDA Candi  (Univ. Muhammadiyah) pada sisi sebelah kanan jalan. Untuk lebih lengkapnya baca disini.

Lontong kupang

Touring Sambil Berwisata Kuliner ???, Kenapa Tidak ?? (Episode Jawa Timur Bag. I)

Nyruput dulu bray baru nge-gas kembali 

Saat touring/traveling kita pasti akan melewati dan mengunjungi beberapa daerah yang kadang belum pernah kita lewati sebelumnya. Setiap daerah itu pasti memiliki ciri khas tersendiri terutama dalam hal kulinernya. Sebelum melakukan touring/dan traveling aku biasanya searching dulu di internet tentang kuliner khas suatu daerah yang akan aku kunjungi atau lewati.

Menurutku tidak pas rasanya kalo touring atau traveling tapi kita tidak membawa buah tangan dari sana atau sekedar mencicipi kuliner khas pada daerah tersebut. Selain bisa memperkaya pengetahuan tentang keanekaragaman kuliner indonesia, kita juga bisa membantu mengenalkannya kepada dunia pertouringan lewat blog ini tentunya.

Sering aku bertanya kepada kawan-kawan bikers atau bacpacker buat apa sih kita jauh-jauh touring/traveling ke suatu daerah tapi menu makanannya ya itu-itu saja ???. Artinya menu yang kita makan adalah menu yang biasa kita makan di kampung halaman. Rugi brow ? coba deh anda sesekali mencicipi kuliner khas daerah tersebut. Dan berikut ini beberapa kuliner khas daerah yang pernah aku cicipin kelezatannya :

My Coffee My Story

Kopi dan riding adalah satu hal yang tidak terpisahkan buatku. Setiap akan melakukan perjalanan touring/traveling aku punya sebuah ritual khusus yaitu meminum secangkir kopi dulu. Bagiku kopi bak sebuah doping yang akan memberiku tambahan energi lebih ketika riding/berpergian. Apapun kondisinya dan dimanapun tempatnya pokok'e ngopi harus jalan terus bray hehhehehehhe. Kalo gak ada kopi panas kopi dingin juga gpp.

Hal pertama yang biasanya aku lakukan ketika sampai ditujuan adalah segera mencari warkop atau kedai kopi. Dan jika daerah tersebut merupakan daerah penghasil komoditas kopi maka harus ada sesuatu yang harus aku bawa pulang yaitu bubuk kopi. Dan berikut ini beberapa kopi yang biasanya aku beli ketika touring ke setiap sudut nusantara  :


  • Kopi Bali 
Kopi Bali memiliki cita rasa unik jika dibandingkan dengan kopi daerah lain terutama kopi Bali Kintamani. Kopi Kintamani merupakan jenis Kopi Arabica yang tumbuh di daerah dataran Tinggi Kintamani - Bangli dengan ketinggian diatas 900 Mdpl. Salah satu ciri khas kopi ini adalah memiliki cita rasa yang cukup lembut dan sedikit beraroma buah jeruk dikarenakan pohon kopi  tersebut ditanam dengan sistem tumpang sari bersebelahan dengan pohon buah jeruk yang ditanam oleh penduduk. Kalo aku biasanya sih membeli kopi Kintamani di Erlangga atau Krisna tapi kadang-kadang juga langsung ke pusatnya.

Kopi Bali Kintamani

Jogja KAMI Trips Part. 5 (Last Chapter) : Selamat Tinggal Ngayogyakarto

CU Again, Jogjakarta @Tugu Jogja

Selasa, 21 Juli 2015
Kami kemudian segera menuju kembali ke Jogja dikarenakan kemaren sore tidak sempat muter-muter mencari penginapan buat acara akhir tahun tersebut. Sekitar 1  jam (10.30 WIB) kami kemudian memasuki kota Jogja dan langsung menuju ke sekitaran Jln. KH. Achmad Dahlan dulu. Ada 2 hotel yang kami datangi tetapi cak imam kurang sreg karena tempat parkirnya yang kurang luas.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke Jln dan langsung menuju ke Edu Hostels. Kami kemudian bertanya kepada resepsionis hotel tentang rencana kami untuk menginap pada akhir tahun. Namanya juga Hostel jadi sistemnya mirip dengan asrama. Per kamar ada 6 bed dan per orangnya dihargai Rp. 90.000,-. Jadi dikamar itu kita otomatis akan tinggal bareng dengan orang lain (yang belum kita kenal).

Selanjutnya kami beranjak untuk menuju ke hotel berikutnya yang masih berada di Jln.  Letjend Soeprapto serta disekitaran Stasiun Tugu. Kami lalu mengumpulkan semua informasi tentang harga dan tarip hotel dulu. Untuk selanjutnya akan kami rundingkan lagi dengan kawan-kawan lainnya dipabrik. Kurang lebih sekitar 2 jam aku dan cak Pri muter-muter kota Jogja untuk hunting hotel.

7 Kuliner Halal Di Bali Yang Harus Anda Coba

Bali Culinatry

Bali adalah surganya dunia karena banyak sekali keajaiban alam serta budaya yang bisa kita dapatkan disini. Tapi jangan salah karena Bali juga menyimpan banyak kekayaan akan kulinernya lho. Tapi karena agama mayoritas penduduk Bali adalah Hindu maka pilihan kuliner halal buat kita yang Muslim cukup terbatas tapi bukan berarti kita tidak bisa mencicipi kuliner asli Bali atau kuliner di Bali lho.

Ini adalah beberapa kuliner khas Bali dan kuliner di Bali yang aku rangkum dan sering aku cicipin ketika berpelesir ke Bali. Mungkin corat-coret ini bisa dijadikan rekomendasi ketika kita bingung akan makan apa dan makan dimana dengan status "HALAL". Tentang masalah harga ?? jangan kuatir bray ? gak akan menguras kantong kita dalam-dalam kok. Dan berikut ini listnya :

Jogja KAMI Trips Part. 4 : Menyusuri Indahnya Bantaran Kali Kuning Di Cangkringan - Sleman

Kali Kuning Cangkringan - Sleman

Selasa, 21 Juli 2015
Kali Kuning adalah sebuah sungai jernih yang memiliki panorama alam nan elok. Disepanjang bantaran sungai banyak ditumbuhi pohon cemara serta pinus yang menjulang tinggi. Tapi sayang sekali setelah erupsi pada 2010 sungai ini berubah total. Kali kuning sekarang tertutup oleh material lahar dingin erupsi. Bangunan di sepanjang bantaran sungai musnah tak berbekas bahkan hutan cemara dan pinus juga menjadi korban kedasyatan wedus gembel. Tapi sekarang perlahan-lahan Kali Kuning sudah kembali seperti semula.

Di kali ini terdapat sumber mata air dengan nama "Umbul Temanten" yang berada pas dikaki tebing sisi barat dan termasuk dalam wilayah Dsn. Kinahrejo, Desa Umbuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman Jogja. Sumber mata air ini memegang peranan vital dalam kehidupan masyarakat sekitar karena airnya dimanfaatkan oleh penduduk untuk kehidupan sehari-hari. Untuk menjaga agar sumber air ini tidak rusak maka pemerintah daerah setempat telah membuat tanggul pengaman disekitar kolam.

Menurut cerita dari ibu pemilik warung pada setiap menjelang ramadhan sering diadakan tradisi "Padusan" atau ritual bersih diri. Mereka tidak hanya datang dari Sleman melainkan berasal dari daerah sekitar Yogja seperti : Magelang, Klaten, Solo serta Purworejo. Bahkan pada malam-malam tertentu sering juga didatangi beberapa orang untuk ritual lainnya seperti bersemedi atau meminta wangsit.

Jogja KAMI Trips Part. 3 : Jogja Heritage - Alun-Alun Lor, Taman Sari Serta Angkringan Lek Man

Istana Air Taman Sari

Senin, 20 Juli 2015
Its time goes 2 Jogja. Kondisi lalu lintas lumayan cukup padat buanget dan didominasi oleh bus pariwisata serta kendaraan pribadi terutama roda 4. Untuk mengurai kemacetan terutama kawasan pantai Gunung Kidul mulai dari pantai Baron s/d pantai Siung pihak Kepolisian memperberlakukan jalan satu arah. Tapi untuk kendaraan sejenis roda 2 masih diperbolehkan lewat.

Maklum saja karena pantai-pantai di kawasan Gunung Kidul memang eksotik bingit mulai dari Baron sampai dengan pantai Wediombo. Selain itu tarip yang murah juga menjadikan kawasan tersebut primadona baru wisata di ngayogyakarta. Setelah lepas dari kemacetan (sesudah pintu masuk utama sisi barat dari arah pantai Baron) kami kemudian mengambil arah yang menuju ke Wonosari. Wonosari merupakan ibukota dari Kab. Gunung Kidul. Sekitar 2 tahun yang lalu aku pernah touring ke sana bersama bro Arief “Lifo” dan bro Manowar.

Ternyata kondisi jalan yang lancar hanya sebentar saja karena beberapa km setelah pintu/gerbang utama kemacetan kembali terjadi tapi gak sepadat dijalur kawasan pantai GK tadi. Oh ya, disepanjang jalan menuju Wonosari banyak sekali penjual kudapan istimewa khas Gunung Kidul yaitu Belalang Goreng alias Walang Goreng.

Jogja KAMI Trips Part. 2 : Kemping Di Pantai Pok Tunggal Trus Berenang Di Pantai Indrayanti

Pantai Pok Tunggal

Senin, 20 Juli 2015
Selamat pagi dunia, selamat pagi Indonesia. Hal pertama yang biasanya aku lakukan adalah segera mengambil kamera dan keluar dari tenda. Udara pagi yang fresh sangat suejuk bingit dan baik buat kesehatan. Menurut penelitian udara pagi dapat meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh kita serta dapat menjadikan tubuh kita lebih berenergi ketika beraktifitas. 

Rugi kalo kita bangunnya kesiangan karena moment seperti ini terlalu sayang untuk dilewatkan begitu saja apalagi kalo ada penampakan sunrise. Tapi sayang sekali karena kondisi langit lagi mendung sehingga sang mentari terlihat sedikit malu-malu menampakan diri. Ternyata selain kami banyak juga kawan-kawan yang sedang nge-camp disini ?. Kalo aku hitung sih sekitar 10 tenda gitu yang tersebar disetiap sudut pantai.

Pilihan tempat untuk kemping disini bebas tetapi sebelum pukul 07.00 WIB tenda harus segera dibongkar karena akan digunakan untuk tempat payung pantai. Kami kemudian segera menyalakan kompor parafin dan spritus untuk membuat sarapan dan secangkir kopi dulu. Kurang pas rasanya kalo menikmati pagi hari tanpa sebuah sruputan kopi hehehhehehehe.

Jogja KAMI Trips Part. 1 : Menuju Jogja dengan menyusuri JLS Trenggalek - Pacitan

Rest point KAMI @Pantai Soge Pacitan

Minggu, 19 Juli 2015
“Libur telah tiba, libur telah tiba...hore...hore”. Itu sepenggal lirik lagu Tasya yang mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Libur panjang lebaran memang telah tiba dan cukup lama juga bray yakni 12 hari. Buatku saat seperti ini adalah waktu yang paling ideal buat menyalurkan hobby. Kebetulan ada salah satu rekan kerja (namanya : cak Imam) yang mengajakku ke Jogja untuk men-survey objek wisata serta penginapan buat acara rekreasi pabrik pada akhir tahun ini.

Seperti biasa Cak Pri serta istrinya juga ikut serta dalam perjalanan ini. Peserta lainnya adalah Vico (anak cak Pri), saudara cak Pri (bro Kapit) serta cak Imam sendiri. Jadi total yang berangkat : 4 buah motor dengan 6 orang personil. Jalur yang akan kami pilih adalah via JLS Trenggalek - Pacitan karena tujuan pertama kami adalah menginap di daerah Gunung Kidul – Jogja.

Kami berangkat pada Minggu pagi tanggal : 19 Juli 2015. Aku sendiri menunggu cak Pri dan rombongan di Taman Dayu Pandaan pada oukul 06.00 WIB sedangkan cak Imam akan menunggu kami di Kesamben – Blitar. Molor sekitar 30 menit, kami berlima dengan 3 buah motor kemudian langsung berangkat menuju ke arah Malang trus lewat Jalibar (jalan lintas barat) Kepanjen dan langsung menuju ke arah bendungan Karangkates.

Mini Trips : Pulang Kerja Via Jolotundo & Trawas

Pemandangan Gunung Penanggungan

Kebetulan hari ini hari minggu jadi selesai lembur aku dan si merah maroon pengen pulang dengan melewati suatu jalur yang dijamin anti mainstream. Oh ya ? aku sendiri besar dan tinggal Pandaan dan lagi gawe di suatu pub.........rik yang berada didalam  kawasan Ngoro Industri Park (NIP) Ngoro - Mojosari. Kalo dari rumah via jalur biasa (Pandaan - Kejapanan - Ngoro) sekitar 45 menit perjalanan dengan jarak sekitar 23 Km.

Ok kembali ke topik. Setelah checklock aku langsung nge-gas menuju ke lokasi kawasan industri paling atas. Sengaja lewat sana (jalan tikus) supaya lebih cepat. Namanya saja jalan tikus jadi hanya orang sekitar daerah sekitar sini saja yang sering melewatinya. Jalur ini akan tembus ke SMAN 1 Ngoro yang berada di Dusun Krapyak - Kutogirang. Tapi sayang jalur ini hanya bisa dilewati oleh kendaraan sejenis roda 2 saja.

Pemandangan alam di sekitar kawasan industri ini lumayan cukup indah dengan latar belakang Gunung Penanggungan dikejauhan sana. Setelah melewati jalur tikus tersebut. kami entar akan ketemu dengan jalan utama menuju ke arah Pemandian/Candi "Jolotundo" atau PPLH Seloliman kalo dari arah Ngoro - Mojosari.

Lezatnya Ikan Bakar Di Pantai Pasir Putih Prigi - Trenggalek

Pantai Pasir Putih Prigi

Menjelang Bulan Suci Ramadhan ada satu tradisi yang sering dilakukan terutama oleh masyarakat Jawa Timur yaitu dengan berziarah ke makam sanak keluarga atau leluhur yang bertujuan untuk mendoakan mereka. Kami sekeluarga juga menjalankannya dengan berziarah ke makam saudara/leluhur 4 hari sebelum bulan Ramadhan.

Lokasi pertama adalah berziarah ke makam saudara/leluhur dulu di Blitar dulu besoknya baru lanjut ke TA (Tulungagung). Mumpung disini kami kemudian memutuskan sekalian aja refreshing ke pantai yang kebetulan banyak terdapat didaerah sekitar sini. Dan akhirnya pilihan jatuh ke Pantai Pasir Putih Prigi di Trenggalek saja.

Kalo dari rumah saudara di Tulungagung (Desa Doroampel, Kec. Sumbergempol) hanya berjarak 40 km atau sekitar 2 jam perjalanan. Dari sini kami kemudian menuju ke arah Campur Darat terlebih dahulu. Setelah itu lanjut menuju Bandung dan Watulimo yang berada diwilayah Kab. Trenggalek.

KAMI Goes 2 Ecotourism Beach "Kondang Merak" Malang Part. 2 (End).

Pantai Kondang Merak di pagi hari

Minggu ( 31 Mei 2015) :  hawa dingin menyelimuti pantai Kondang Merak pagi ini karena tadi malam sempat turun hujan gerimis meskipun hanya sebentar. Ditambah langit yang sedikit mendung membuat aku semakin malas untuk keluar dari alam tenda dan memutuskan untuk merem lagi.

Tapi akhirnya aku benar-benar bangun dan keluar tenda karena mendengar raungan suara knalpot motor dari beberapa rombangan biker yang baru datang dilokasi. Cak Pri juga sudah terbangun dan langsung berlari menuju ke pantai untuk mencari setitik cahaya mentari alias caring hehhehehehe. Udara pagi ini fresh banget ??.

Pantai Kondang Merak berada di Desa Sumberbening, Kec. Bantur, Kab. Malang. Lokasinya hanya 5-6 km saja dari pantai Bale Kambang kearah barat. Konon dinamakan Kondang merak karena dulunya ada Kondang atau muara yang sering didatangi oleh beberapa ekor burung Merak untuk mencari makan dan minum. Tapi sayang keberadaan burung merak ini makin lama makin punah seiring adanya penangkapan liar.

KAMI Goes 2 Ecotourism Beach "Kondang Merak" Malang Part. 1

Meeting point : Taman Dayu Pandaan

Setelah kemaren meng-ekplorasi keindahan pantai Bale Kambang bersama kawan-kawan dept. Teknik perusahaanku. Untuk trip kali ini perjalanan kembali mengarah ke arah Malang Selatan dan tujuannya pun tidak jauh-jauh dari pantai Bale Kambang yaitu Pantai Kondang Merak. Menurut mbah gogel lokasinya hanya beberapa km saja dari sana.

Tapi kali ini pesertanya hanya 5 orang saja, masing-masing mengendarai 3 buah sepeda motor yaitu : Aku, cak Pri dan istrinya serta 2 orang teman maen cak Pri yaitu : bro Heri dan bro Handoko. Bro Agung Robot dan bro Didik SKYT yang sejatinya akan ikut serta ternyata batal dikarenakan ada saudaranya yang sakit kera serta istrinya yang sedang halim eh hamil..

Hari dan tanggal keberangkatan akhirnya kami tentukan yaitu pada hari sabtu, Tgl. 30 Mei 2015 pada pukul 19.00 WIB (berangkat dari Ngoro). Mereka berangkat dari Ngoro – Mojosari sedangkan aku sendiri menunggu di depan Taman Dayu Pandaan seperti biasanya. Molor 25 menit dari jadwal akhirnya mereka berempat nongol juga.

Itinerary Bandung Kopi Trips 2015

Biasanya sebelum melakukan sebuah touring aku terlebih dahulu membuat sebuah catatan kecil tentang beberapa hal yang berhubungan dengan perjalanan atau istilah kerennya Itinerary. Isinya meliputi : jarak, estimasi waktu, tempat menginap, SPBU, lokasi tempat wisata dll. Dan berikut ini adalah itin Kopi Trips Bandung 2015 kemaren :

Lama Perjalanan : 6 hari (13 - 18 Mei 2015)
  • Rabu, 13 Mei 2015, Pukul 16.00 WIB Start : Pandaan – Jogja via jalur tengah.
    • Estimasi : 7-8 jam (322 Km), perkiraan sampai Jogja pada pukul 00.00 WIB dan menginap di hotel Jogja.  
Pandaan - Jogja via jalur Tengah

  • Kamis, 14 Mei 2015, Pukul 07.00 WIB berangkat menuju ke Bandung via Tengah.
    • Estimasi waktu 10 jam (396 Km), perkiraan sampai Bandung pada pukul 17.00 WIB.
    • Menginap di hotel Bandung dan JJS keliling Bandung.

Kopi Trips Bandung 2015 Part. 9 (Tamat) : Pengeluaran Selama Touring

(courtesy : finance.detik.com)


Kopi Trips Bandung 2015 : 13 - 18 Mei 2015 (5 Hari)

¤ Hari Ke 1 : Rabu, 13 Mei 2014
• Pertamax @SPBU Pandaan Pasuruan - 50.000,-
• Nakam Pecel Tumpang @Kertosono - 33.000,- (total semua)
• Tambah angin @Kertosono - 1000,-
• Beli makanan @Indomart Mantingan - 36.100,-
• Pertamax @SPBU Caruban - 50.000,-
• Makan malam @Pasar Ngasem Jogja - By bro Manowar
Total : Rp. 170.100,-.


¤ Hari Ke 2 : Kamis, 14 Mei 2015
• Pertamax @SPBU Kebumen - 50.000,-
• Makan siang  @warung serba sambal Kebumen - 32.000,-
• Beli es dawet @Jatilawang Banyumas - 7000,-
• Beli makanan @Indomart Majenang - 31.350,-
• Mandi air hangat @SPBU Air Panas Ciamis - 5000,-
• Beli UC1000 @Mini Mart SPBU Ciamis - 6000,-
• Pertamax @SPBU Air Panas Ciamis - 70.000,-
Total : Rp. 201.350,-.

Kopi Trips Bandung 2015 Part. 8 - Its Time To Go Home (Via Tawangmangu Again)

Pemandangan alam di kaki Gunung Lawu

Sesudah sholat subuh kami tidak bisa melanjutkan acara tidur cantik lagi dikarenakan masjid ini digunakan sebagai tempat melaksanakan pengajian rutin. Kalo gak ada acara pengajian, rencana nya sih kami akan balik sekitar pukul 7 atau 8 pagi. Kami kemudian segera bersiap-siap dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Ketika melintasi sebuah warung gudeg dipinggir jalan kami kemudian berhenti dulu untuk sarapan.

Meskipun warung kaki lima tapi rasanya cukup lezat juga, gak kalah sama gudeg Yu Djum aslinya. Yang cukup unik adalah menu bubur gudeg yang dicampur dengan ayam suwir gitu. Wah, bagaimana ya rasanya ??? lihat saja aku sudah merasa eneg. Maklum saja bro aku jarang banget makan bubur yang rasanya asin atau nano-nano gitu kecuali bubur manis hehehhehe.

Setelah perut terisi kami kemudian nge-gas kembali melewati ring road utara yang menuju ke arah Solo. Karena kebetulan ini hari senin maka kondisi lalu lintas lumayan padat terutama oleh kendaraan roda dua. 2 jam kemudian kami kemudian memasuki wilayah Dlanggu - Klaten. Sempet kesasar kami akhirnya ketemu lagi dengan jalan utama menuju ke arah Solo.

Kopi Trips Bandung 2015 Part. 7 - Back Again To Jogja

Duren Bawor Pak Sarno Kemrajen 

Setelah badan kembali segar kami langsung berangkat lagi menuju Jogja. Dalam perjalanan kami melewati salah satu objek wisata yang lagi happening yaitu Grand Canyon ala Indonesia alias Green Canyon. Menurut yang aku baca diblog-blog kita bisa melihat indah dan rimbunnya kawasan pesisir sungai yang dengan menaiki sebuah perahu. Dinamakan Green Canyon karena sungainya berwarna hijau gelap.

Oke, lanjut. Saat speed/RPM rendah tarikan si merah maroon mrebet lagi tapi ketika pas buka gas sudah gak mbrebet dan begitu seterusnya. 40 menit kemudian kami akhirnya sampai di Pangandaran lalu mencari arah menuju ke Jogja. Sempat salah paham sebentar kami akhirnya memutuskan mengambil arah ke Banjar.

Sesudah melewati jalan kawasan hutan jati yang naik-turun kami kemudian masuk wilayah Kalipucang lalu mencari sebuah pertigaan besar. Dipertigaan tersebut kami mengambil arah ke kanan (arah Jogja) dan akhirnya ketemu dengan jalur lintas selatan lagi.

Kopi Trips Bandung 2015 Part. 6 - Menikmati Malam Di Pantai Madasari - Ciamis Jawa Barat

Kemping @Madasari Beach

Suara alarm hape tiba-tiba berbunyi dengan lantangnya sehingga membuat kami terbangun.  Aku lalu segera mengambil kamera dan kemudian keluar tenda. Karena langit lagi mendung tidak banyak foto yang aku ambil pagi ini. Oh ya , pantai Madasari ini terletak di Desa Masawah, Kec. Cimerak, Kab. Ciamis Jawa Barat. Kalo dari Pangandaran sendiri hanya berjarak sekitar 40 Km ke arah Barat atau sekitar 15 Km dari Green Canyon (koordinat : -7.792183, 108.496689).

Menurut peduduk setempat ada 3 pantai Madasari disini yaitu : pantai Madasari 1, pantai Madasari 2 dan pantai Madasari 3. Pantai yang kami gunakan untuk kemping ini termasuk pantai Madasari 1. Panorama alam sekitar pantai Madasari  cukup bagus dan sedap dipandang mata. Tapi sayang kami hanya mengekplorasi Madasari 1 saja. Selain Madasari - Pangandaran ada banyak sekali deretan pantai yang layak untuk dikunjungi seperti : Batu Karas, Batu Hiu dan Pangandaran itu sendiri.

Selain kami dan beberapa rombongan pengendara vespa ada juga traveler yang  kebetulan sedang nge-camp disini. Mereka bahkan datang bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan roda 4. Kelihatannya sih dari Jakarta soalnya mobilnya memakai Plat Nomer B.