Mengurus Sendiri Bayar Pajak STNK 5 Tahun Dan Ganti Plat Nomer Kendaraan Wilayah Pasuruan



Bagi para pengendara R2 maupun R4 suatu hari nanti pasti akan ganti Nomer Plat Kendaraan per 5 tahun. Banyak dari mereka yang lebih senang menyerahkannya ke calo daripada mengurusi sendiri. Alasannya beraneka ragam : dari gak ada waktu, ribet, malas wara-wiri dll. Padahal sebenarnya mengurus sendiri pergantian plat nomer dan bayar pajak itu cukup mudah dan cepat lho. Yang penting jangan takut dan malu untuk bertanya.

Kita bisa mencari informasi bagaimana prosedur yang benar tentang cara pengurusan ganti plat nomer kendaraan via internet baik itu dari situs resmi kepolisian maupun dari pengalaman para blogger yang dishare ke dumay. Aku sendiri mengurus pada hari jumat dan berangkat dari rumah (Pandaan) tepat pada pukul 07.50 WIB. Pandaan - Bangil memakan waktu sekitar 15-20 menit saja. Ketika sampai disana ternyata banyak juga ya para remaja putri, ibu-ibu dan bapak-bapak yang memutuskan untuk melakukannya sendiri. 

Adapun hal-hal yang perlu kita persiapkan adalah :
  1. BPKB asli
  2. STNK asli
  3. KTP asli
  4. Sepeda kudu asli lho
  5. Uangnya juga hhehehehehehe
  6. Pulpen
Dan berikut ini urutannya :
  • Begitu masuk Kantor Samsat bawa kendaraan kita (R2) langsung menuju ke Tempat Pengecekan Fisik Kendaraan.
  • Parkir disana kemudian kita pergi ke tempat foto copy untuk men-foto copy BPKB, STNK dan KTP masing-masing 3 lembar dan sekaligus membeli Map. Total biaya fotocopy + map : Rp. 6000,-.
  • Kemudian langsung menuju ke Loket Cek Fisik untuk membeli formulir Pengecekan Fisik Kendaraan sebesar Rp. 40.000,-.

Loket cek fisik


  • Isi formulir dengan lengkap lalu pergi ke Tempat Pengecekan Fisik Kendaraan dan antri untuk dilakukan pengecekan. 

Tempat pengecekan fisik


  • Sesudah dilakukan pengecekan fisik parkir dulu kendaraan ke tempat parkir kemudian bawa map/berkas tersebut ke lantai 2 di Gedung Utama yaitu tepatnya ke Gudang Berkas STNK.


Gudang berkas arsip dilantai II


  • Setelah mengambil berkas STNK kita menuju ke bawah lagi yaitu ke Tenda Kecil yang berada disebelah Tempat Pengecekan Fisik untuk dilakukan pengecekan arsip dan STNK.
  • Kemudian taruh map/berkas tersebut di Loket Cek Fisik dan tunggu sampai nama kita dipanggil. Saat akan mengambil map kita akan dikenakan biaya pembayaran PNPB sebesar Rp. 110.000,-.
  • Setelah itu bawa map/berkas ke lantai 1 di Gedung Utama. Taruh dan tunggu sampai nama kita dipanggil untuk membayar pajak tahunan dan mengambil STNK. U/ biaya STNK Vixion tahun 2010 akan dikenakan biaya sebesar Rp. 318.000,-.

Antri mengambil STNK di lantai I


  • Tapi kita hanya diberi surat pajak tahunan saja karena STNK belum jadi. Kemudian bawa surat pajak tahunan tersebut ke tempat Pengambilan Plat Nomer Kendaraan yang berada dibelakang gedung ini atau tepatnya sebelah drive thru. Biaya pengambilan Plat Nomer sebesar Rp. 5000,-.
  • Kemudian plat nomer kosongan tersebut kita bawa ke workshop yang berada disampingnya untuk mencetak no kendaraan. Tunggu 1 menit dan plat nomer barupun sudah ditangan. 


No. Plat baru dan bukti sebagai WN yang baik hehehhehehe

Keterangan yang menyatakan surat ini sekaligus sbg pengganti STNK


Catatan : 
  1. Karena STNK belum jadi dan kita harus mengambilnya 6 bulan lagi ke Kantor Samsat. Untuk sementara kita hanya diberi Surat Pajak saja tapi sudah dibubuhi keterangan kalo surat pajak ini berfungsi sebagai SNTK sementara sampai STNK kita yang asli jadi.
  2. Sedangkan untuk BPKB tetap akan ditinggal di Kantor Samsat dan dapat diambil 2 bulan lagi di Kantor Polres Pasuruan yang berada di Bangil.
  3. Total biaya pengurusan pajak STNK 5 Tahun dan ganti plat no. kendaraan sendiri (tanpa calo) adalah sebesar Rp : 480.000,-.
  4. Total waktu pengurusan adalah 2 jam saja, cepat bukan daripada harus lewat calo dulu hehehhehe.


42 comments:

  1. info menarik
    bisa cek tagihan pajak tepat waktu nih
    terima kasih ya

    ReplyDelete
  2. ya mksh infonya.
    tp ko BPKBnya di tinggal.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sami-sami. Kalo untuk pengurusan ganti plat 5 tahun memang begitu prosedurnya brow.

      Delete
  3. Motor apa ini bro...
    Untuk vixion abis brapa ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vixion brow tapi old vixion. Total kenak : 480 ribu aja

      Delete
  4. kalo bpkp lagi di sekolahin(di tahan bank kredit) gmna itu??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo BPKB-nya disekolahin kita bisa minta tolong kepada petugas bank kredit yang bersangkutan bray. Tapi biasanya sih ada beberapa biaya tambahannya ..............

      Delete
    2. biaya tambahan kira " brpa mas

      Delete
  5. Replies
    1. Sebenarnya kalo tau prosedurnya gak ribet-ribet amat kok bray (y)

      Delete
  6. Untuk mengambil BPKB apa ada ongkos lagi gan,,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gratis bray, cuman bawa KTP sama STNK asli. Diwakilkan orang lain juga gpp. Kebetulan yang ambil waktu itu ortu.........

      Delete
    2. KTP mungkin ada , klo STNK kan memang belum jadi , gmn caranya ngambil pake STNK asli ???

      Delete
    3. Pake surat Pajak kendaraan mbak bisa kok. Kan sudah dibubuhi keterangan kalo surat pajak ini berfungsi sebagai SNTK sementara sampai STNK kita yang asli jadi

      Delete
    4. Nah .. klo dijelasinnya gini aku ngerti .. makasih ya mas

      Delete
    5. Iya mbak, sami-sami hehehehhe

      Delete
  7. Saya blm pernh samsat motor dan sekarang sudah waktunya ganti plat nomor. Biasanya keseluruhannya kena biaya berapa ya gan,, motor saya vario biasa, trmkasih..mohon balasannya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo motor saya adalah Vixion 2010 kenak 480 ribu (total semua). Kalo untuk Vario mungkin lebih murah mbak.....

      Delete
    2. Bro. Bayar pajK vix old plus bbnama brp ya

      Delete
  8. Nanya dunkz mas bro, apakah KTP diharuskan E-KTP?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pokok'e KTP yang masih berlaku mz brow. Kebetulan waktu itu aku pak e-ktp

      Delete
  9. mas untuk BPKB yang ditinggal, itu ada tanda terima nya ya? terus apa dibri tau tanggal pengambilan BPKB nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak ada bray tapi pas akan mengambil BPKB harus bawa STNK dan KTP asli. Petugasnya cuma bilang diambil 2 bulan dari tgl pengurusannya mz brow, kan bisa kita kira-kira sendiri tgl berapa harus diambil BPKB-nya.

      Delete
  10. Mas kalau bayar pajak yang 5 tahun dan tahunan langsung pakai 1 formulir saja bisa ya?

    ReplyDelete
  11. Info baguss...
    Tp hari ini td sy bayar pajak 5 tahunan, motor vario th 2011, kena Rp.900.000.... banyak amat... g salah...??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin sudah mengalami kenaikan brow hehehheehhe. Ditambah makin muda tahunnya biasanya memang lebih mahal......

      Delete
  12. Lumanyun juga yeh biaya nya' ,min mau tanya kira kena brapa yah mtr w ganti plat bln dpn' jupiter mx 2011?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisanya besar biaya dilihat dari tahun dan cc kendaraan mz brow hehehhehehehe.

      Delete
  13. itu cuma STNK apa termasuk bayar Pajak selama 5 Tahun Brok ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ganti STNK sekaligus bayar pajak tahunan mz brow.........

      Delete
  14. om kalo pengambilan bpkb pake FC ktp nya gmna,stnk nya asli bisa ga om.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kayak'e harus pake yang asli mbak hehehehhehehe

      Delete
    2. Untuk biaya bisa di chek via online, ini alamatnya www.dipendajatim.go.id nanti tinggal masukkan nomor polisi/ platnomor. Otomatis muncul biayanya

      Delete
    3. Untuk biaya bisa di chek via online, ini alamatnya www.dipendajatim.go.id nanti tinggal masukkan nomor polisi/ platnomor. Otomatis muncul biayanya

      Delete
  15. mau tanya:
    1. Mapnya warna apa?
    2. Tu ke gedung berkas stnk tu ambil berkas apa? Bukannya stnk yg asli masih dibawa sm kita?
    3.bukannya biasanya bpkb asli tu langsung dikembalikan? Tujuan penahanan bpkb apa ya?

    ReplyDelete
  16. Mas saya mau taya kalu bayar pajak 5 thun.. Motor vixion 2012 berapa y..? D tugu bosan y

    ReplyDelete
  17. Gan kalo alamat KTP berubah (karena sudah menikah jadi ikut alamat istri , itu gak jadi masalah ?

    ReplyDelete
  18. Untuk new vixion 2013.
    Biaya pajak lima tahun kena 487.000.itu ngurus sendiri.

    ReplyDelete